Kunjungan Kerja Universiti Selangor (Unisel) Malaysia ke Fakultas Teknologi Informasi Universitas YARSI 17 Oktober 2013

    Pada tanggal 17 Oktober 2013 Fakultas Teknologi Informasi Program Studi S-1 Ilmu Perpustakaan, Universitas YARSI menerima kunjungan dari  Fakulti Pendidikan dan Sains Sosial, Program Ilmu Perpustakaan, Universiti Selangor (Unisel) Malaysia. Kunjungan dipimpin oleh  Kepala Program Imu Perpustakaan,  Puan Fadliah binti Darini, M.Sc, disertai dua orang dosen dan 17 mahasiswa. Tamu diterima secara resmi di Ruang Rapat Senat Akademik Lantai 1 Menara YARSI  oleh segenap sivitas akademika Universitas YARSI, meliputi, Rektor Universitas YARSI, Susi Endrini, SSi, MSi, PhD, Ketua Yayasan YARSI Prof. dr. H. Jurnalis Uddin P.A.K.; Wakil Rektor II dr. Hj. Rika Yuliwulandari, M.Sc., Ph.D., Dekan Fakultas Teknologi Informasi Dr. Vitri Tundjungsari, ST., M.Sc. dan Kepala Program Studi S-1 Ilmu Perpustakaan, Nita Ismayati, S.IP., M.Hum.  Turut hadir dalam pertemuan ini para dosen di lingkungan Fakultas Teknologi Informasi, HIMAPY (Himpunan Mahasiswa Ilmu Perpustakaan YARSI), dan Perwakilan Senat Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi.

 

 

Tujuan kunjungan ini adalah  untuk menjajaki kemungkinan kerjasama antar kedua fakutas khususnya program studi Ilmu Perpustakaan  dalam bidang pendidikan dan pengajaran, termasuk pertukaran dosen, mahasiswa, dan kerjasama dalam bidang kurikulum,  penelitian serta publikasi ilmiah.  Ini merupakan peluang yang sangat bagus dan menarik bagi  kedua pihak universitas, seperti yang disampaikan pada oleh Wakil Rektor II,  dr. Hj. Rika Yuliwulandari, M.Sc dan sambutan balik oleh Puan Fadliah binti Darini, M.Sc.  Lebih lanjut Fadliah mengungkapkan, Program Ilmu Perpustakaan Unisel baru dibuka sejak tahun 2006, sedangkan Program Studi Ilmu Perpustakaan, Universitas YARSI  sudah dibuka sejak 1991.  Oleh karena itu, kunjungannya ini sekaligus sebagai studi banding mengenai hal-hal apa saja yang belum ada di Unisel.

Sementara itu ketua Yayasan YARSI, Prof. dr. H. Jurnalis Uddin, P.A.K, , menyambut baik prakarsa ini, dan  memfasilitasi  rencana kerja sama antar kedua program studi dengan harapan  kerjasaama ini segera terwujud.  Alhamdulillah pada kunjungan pertama ini, telah disiapkan naskah “Memorandum of Understanding (MoU)”  untuk tingkat fakultas.

Sehubungan dengan rencana kerjasama tersebut, Fadliah segera akan menindaklanjuti dengan melakukan kegiatan magang (praktik kerja lapangan) mahasiswa Program Ilmu Perpustakaan,  Fakulti Pendidikan dan  Sains Sosial Universiti Selangor, ke UPT Perpustakaan Universitas YARSI.  Demikian juga sebaliknya dimungkinkan mahasiswa  Prodi S-1 Ilmu Perpustakaan Universitas YARSI  untuk  magang atau kuliah di Unisel.

Pada pertemuan ini telah dipresentasikan Selayang Pandang Profil Program Studi Ilmu Perpustakaan, FTI Universitas YARSI oleh Kepala Program Studi S-1 Ilmu Perpustakaan. Untuk mengenal lebih dekat,  rombongan  diajak touring melihat fasilitas pembelajaran, meninjau Audiotorium Ar Rahman  dan Ar Rahim di lantai 12, serta kegiatan UPT Perpustakaan Universitas YARSI. Selanjutnya penandatanganan MoU dilakukan oleh Dekan Fakultas Teknologi Informasi, Dr. Vitri Tunjungsari,M.Sc dan diparaf oleh Kepala Program Ilmu Perpustakaan Unisel, Puan Fadliah binti Darini, M.Sc, yang selanjutnya dibawa ke Malaysia untuk ditandatangani oleh Dekan Fakulti Pendidikan dan  Sains Sosial, Unisel, Prof. Dr. Mujaini bin Tarimin.

 

Acara diakhiri dengan  ramah tamah antar dosen, pemberian cindera mata dan kenang-kenangan buku berjudul Katalogisasi Buku Berbahasa Arab serta Daftar Tajuk Subyek Islam dan Klasifikasi Islam : Adaptasi dan Perluasan DDC Seksi Islam karya Drs. H.M.Kailani Eryono, dosen Program Studi S-1 Ilmu Perpustakaan FTI Universitas YARSI,  foto bersama, serta ramah tamah antar mahasiswa yang telah berhasil  dengan terbentuknya jejaring sosial antara HIMAPY dengan mahasiswa Unisel, Malaysia

About the Author