Kuliah Umum & Penandatanganan MOU dengan Dinas Pendidikan Jakarta

Program Studi Ilmu Perpustakaan Fakultas Teknologi Informasi telah menyelenggarakan Kuliah Umum yang berjudul “Literasi Informasi di Era Digital dan Manfaatnya Bagi Pembelajaran di Sekolah” pada tanggal 30 Nopember 2012. Kuliah umum ini diselenggarakan bersamaan dengan acara penandatanganan MoU dan Perjanjian Kerjasama antara Dinas Pendidikan DKI Jakarta dengan Universitas YARSI. MoU yang ditandatangani merupakan addendum dari MoU yang sudah ada sebelumnya, yaitu tentang Peningkatan Mutu Sumber Daya Manusia pada Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta. Adapun Perjanjian Kerjasama yang ditandatangani tentang Pengiriman Calon Mahasiswa Tugas Belajar S-1 Bidang Studi Ilmu Perpustakaan bagi Pegawai/Calon Pegawai di Lingkungan Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta.

Dengan demikian acara kuliah umum kali ini sekaligus merupakan ajang sosialisasi MoU kepada peserta
bahwa Program Studi Ilmu Perpustakaan FTI Universitas YARSI sudah mencanangkan usaha untuk melakukan pengembangan kompetensi pengelola perpustakaan sekolah dengan cara memberikan pendidikan formal S-1 Ilmu Perpustakaan yang akan dibiayai oleh Pihak Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta sehingga diharapkan setiap sekolah memberikan respon yang positif terhadap usaha tersebut dengan mengirimkan nama pengelola perpustakaan sekolahnya sebagai calon mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan FTI Universitas YARSI.

Tujuan kuliah umum yang diselenggarakan kali ini adalah adalah

  • Meningkatkan pengetahuan peserta secara komprehensif tentang pentingnya Literasi Informasi.
  • Meningkatkan bekal kemampuan mencari dan menemukan informasi dengan menggunakan strategi penelusuran informasi di dunia cyber
  • Mendorong peserta untuk melakukan pembelajaran seumur hidup (long life learning) dan mampu berpikir kritis terhadap informasi yang ada.

Acara dimulai dengan pembukaan dan pembacaan ayat suci Al Qur’an yang kemudian disusuli dengan penandatanganan MoU dan Perjanjian Kerjasama yang dilakukan oleh Rektor Universitas YARSI dan utusan Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Dr. Hj. Istaryatiningtyas, M.Si (Kepala Bidang Standarisasi Pendidikan dan Pendidikan Tinggi Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta). Setelah masing-masing pihak memberikan sambutan dan saling memberikan plakat, Rektor Universitas YARSI membuka Kuliah Umum secara resmi.

Adapun pembicara kuliah umum terdiri dari 3 orang, yaitu :

  • Pembicara pada Kuliah Umum adalah Drs. Taufik Rohman, M.Si dari Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta
  • Dhama Gustiar Baskoro, S.IP., MM, pustakawan sekaligus pelatih Training of Trainer dalam bidang Literasi Informasi dari Universitas Pelita Harapan.
  • Purwono, S.IP., M.Hum., praktisi Literasi Informasi dari Universitas Indonesia
    dan moderator Ibu Dra. Pudjiharti, M.Kes.

Acara penandatanganan MoU dan Kuliah Umum berjalan lancer. Selain dihadiri oleh pejabat dari Dinas Pendidikan DKI Jakarta dan staf serta Rektor, Wakil Rektor I dan III, Dekan FTI, Para Wakil Dekan, KPS TI/IP, para dosen dan mahasiswa, juga dihadiri oleh siswa, guru, pustakawan dari 24 SMA/SMK., dan Alumni. Materi diberikan secara panel oleh ketiga narasumber diselingi oleh pemutaran video Profil Profesi Lulusan Ilmu Perpustakaan dan Ice breaking yang dipandu oleh moderator dan Seksi Acara. Para peserta sangat antusias dalam memberikan respon berupa pertanyaan kepada narasumber. Acara berlangsung dari pukul 13.00-16.30 WIB bertempat di Auditorium ArRahiim lt 12.

About the Author